• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • LAYANAN
      • Agenda Departemen
      • Dashboard Jadwal Perkuliahan
      • Peminjaman Ruang
      • Bantuan Petugas Perkuliahan
      • Barang Temuan
      • Aktivasi Akun Turnitin (Cek Plagiarisme)
      • LAYANAN AKADEMIK
      • LAYANAN PERPUSTAKAAN
      • Kuesioner Layanan
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
    • Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (MABA)
    • 🌍 Visiting Student Program 2025
  • PENGABDIAN
  • Beranda
  • Berita
  • Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Materi Kesayanganku

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Materi Kesayanganku

  • Berita, Berita, News, SDG 11 Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan, SDG 13: Penanganan Perubahan Iklim, SDG 15: Kehidupan di Darat, SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur
  • 2 December 2025, 06.28
  • Oleh: Web Admin
  • 0
Gambar Ilustrasi AI

Kurikulum Merdeka untuk Sekolah Dasar terutama kelas V, akan membekali peserta didik untuk memahami bidang ilmu pengetahuan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan belajar IPAS mendorong peserta didik untuk lebih mencintai  fenomena alam dan sosial di sekitar kita, sehigga dengan memahami topik topik, maka akan meningkatkan kecintaan peserta didik akan alam dan aspek sosial dari kehidupan manusia.  Melalui proses pembelajaran IPAS dalam kurikulum Merdeka, maka peserta didik akan memahami secara lebih mendalam hal hal dan  fenomena yang terjadi di sekitar hidup peserta didik sehari hari baik di sekolah maupun di rumah dan di tempat lain seperti pada saat berkunjung ke keluarga atau kerabat dan berekreasi. Setelah peserta didik memahami, maka diharapkan akan semakin menyayangi lingkungan hidup kita dengan memelihara atau menjaganya sebagai wujud dari kecintaan pada ciptaan Tuhan dan menghargai secara adil  kecanggihan teknologi untuk membantu kehidupan manusia lebih efisien dan efektiv dan Sejahtera dalam jangka panjang.

Untuk memastikan peserta didik sudah memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, serangkaian proses pembelajaran yang sudah dilakukan baik  secara terstruktur maupun tidak terstruktur, baik secara mandiri maupun berkelompok, maka diperlukan satu tambahan peraga pembelajaran berupa alat evaluasi  yang bersifat obyektif, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja dengan lebih efektif dan efisien pengukurannya. Dengan melakukan tes obyektif, maka diuji dan dikoreksi oleh siapa pun akan menghasilkan output yang sama (obyektif). Hasil dari tes  obyektif dapat dipergunakan oleh para guru dan tim kurikulum di sekolah dasar negeri Giritirto untuk mengintrosepksi sekaligus melakukan perbaikan untuk menghsilkan output yang terus meningkat dan lebih baik dari periode sebelumnya.

Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengukur Tingkat pemahaman peserta didik, adalah dengan mengembangkan peraga pengejaran dengan membuat buku latihan yang merupakan bank soal yang berujud pilihan berganda (multiple choice).  Peraga ini menyiapkan sejumlah soal kurang lebih 50 soal pilihan berganda untuk setiap tema atau materi IPAS yaitu (1) Melihat karena cahaya dan mendengar karena bunyi (2) Harmoni dalam ekosistem, (3) Magnet, Listrik dan teknologi untuk kehidupan (4) Ayo berkenalan dengan bumi kita (5) Bagaiman kita hidud dan bertumbuh (6) Indonesiaku kaya raya (7) Daerahku kebangganku dan (8) Bumiku sayang bumiku malang.  Bank Soal daiambil dari berbagai evaluasi test untuk materi IPAS kelas V baik dari buku hard copy dari berbagai penerbit maupun dari media sosial You Tube. Kumpulan  atau bank soal diharapkan akan meningkatkan pemahaman materi IPAS yang kemudian akan diikuti  perilaku siswa yang akan semakin menyayangi bumi , baik berupa flora dan fauna, kebudayaan  dan kebanggan daerah di Nusantara serta isi bumi dengan lebih bijaksana sejak dini.

Keciantaan peserta didik akan lingkungan alam dan sosial akan berdampak pada kesejahteraan dan kenyamanan semua makhluk hidup yang ada di bumi seklaigus meningkatkan ekbangaan kepada budaya bangsa yang sangat luhur dan akan menaingkatkan kepercayaan kepada Tuhan sang pencipta dengan senantiasa mengembangkan teknologi yang membantu kehidupan manusia untuk lebih Sejahtera dan memelihara serta menjaga alam dengan lingkungannya secara ilmiah. [Red. Sufitri]

Tags: SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 13 Penanganan Perubahan Iklim SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Materi Kesayanganku
  • Efektivitas Tes Pilihan Berganda Kurikulum Merdeka
  • Serunya Bermain Sambil Belajar: Dosen dan Mahasiswa SV UGM Ciptakan Permainan Edukasi Keuangan di SDN Giritirto Gunungkidul
  • Petualangan Uangku: Board Game Karya Mahasiswa Perbankan SV UGM untuk Mengajarkan Kebutuhan, Keinginan, dan Menabung Sejak Usia Dini
  • Dorong Kemandirian Fiskal, Tiga Inovasi Strategis Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Lahir dari Kolaborasi antara UGM dan OPD Kabupaten Gunungkidul
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY