Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Tentang

Merupakan program studi yang dirancang untuk mempersiapkan sarjana terapan bidang ekonomi yang menguasai perencanaan, pembangunan ekonomi wilayah dan pengembangan perekonomian suatu wilayah dalam dokumen perencanaan yang komprehensif dan implementatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejarah Singkat

Program studi yang pada awalnya diberi nama sebagai Perencanaan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (P2EK) kemudian menjadi Diploma Empat Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (D4 PEK) ini merupakan program studi serjana terapan yang berdiri sejak tahun 2017, bagian dari Departemen Ekonomika dan Bisnis di bawah kelola fakultas Sekolah Vokasi. Latar belakang berdirinya prodi PEK ini adalah adanya kebutuhan tenaga perencana pembangunan ekonomi wilayah yang masih minim di Indonesia. Pembukaan prodi PEK ini disambut dengan baik oleh berbagai pihak, diantaranya yang menjalin kerja sama dengan prodi PEK yaitu, Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan, Bappenas dan Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I).

Awal penerimaan mahasiswa baru 2017 program studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan hanya menerima sejumlah tiga puluh mahasiswa melalui jalur ujian tulis Universitas Gadjah Mada. Seiring berjalannya waktu jumlah mahasiswa yang diterima terus ditingkatkan. Prodi D4 PEK ini menggunakan pengajaran 60 persen praktik dan 40 persen teori, dengan tujuan jangka panjang lulusan prodi D4 PEK dapat menguasai perencanaan pembangunan ekonomi wilayah dan pengembangan perekonomian suatu wilayah dalam dokumen perencanaan yang komprehensif dan implementatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia sudah seharusnya memiliki sistem perencanaan pembangunan yang lebih baik dan sesuai dengan karakter wilayah masing-masing. Maka dari itu, harapan ke depannya prodi PEK ini mampu menghasilkan perencana yang andal dan kompeten sehingga. terwujud smart planning yang baik guna meminimalisir kesenjangan di berbagai daerah di Indonesia.

Visi

“Menjadi Program Diploma Empat di bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi Berbasis Kewilayahan terkemuka yang menghasilkan tenaga ahli profesional, bertaraf internasional yang unggul, bermartabat dan berjiwa Pancasila di tahun 2037.”

Misi

Misi Program Studi D4 Pembangunan Ekonomi Kewilayahan SV UGM adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan yang unggul dan berdaya saing global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional kompeten dalam perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan.
  3. Mengembangkan iklim pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam perencanaan dan pengembangan ekonomi kewilayahan.

Program

Sarjana Terapan (D-IV)

Gelar

Sr.Tr.E
(Sarjana Terapan Ekonomi)

Durasi Studi

8 Semester (fulltime)

Angka Kredit

145 SKS (Kurikulum 2021)

Prospek Karir

  • Kementerian
  • Lembaga/Badan Negara
  • BUMN
  • Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) 
  • BUMD
  • Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Lembaga Riset Internasional 
  • World Bank
  • IMF
  • Asian Developement Bank (ADB)
  • WHO
  • UNESCO
  • Center for Strategic and International Studies (CSIS)
  • dll.

Keunggulan

Pengajar Kompeten

Pengajar kompeten di bidang perencanaan pembangunan ekonomi kewilayahan serta tersertifikasi kompetensi Perencana dari Dalam Negeri (BNSP) maupun dari Luar Negeri. Dosen Praktisi yang berasal dari pemerintah daerah.

Sarana & Prasarana

Tersedia sarana & prasarana termasuk Laboratorium Ekonomi dengan software terlisensi, data-data ekonomi terkini, serta perpustakaan dan jurnal online.

Sertifikasi Kurikulum

Kurikulum mendukung sertifikasi Perencanaan Pembangunan dari BNSP, dan lulusan dapat melanjutkan ke S2 baik Akademik maupun  Terapan di dalam negeri dan luar negeri.

Kerja Sama

Kerja sama dengan Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI), Direktorat Jenderal Perimbangan keuangan (DJPK) Kemenkeu, Bappenas, Kemendes PDT, Kemendagri, Pemprov DIY, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Sleman, Pemkab Bojonegoro, Kantor Staf Presiden (KSP), dan dalam penyusunan kurikulum, sertifikasi, magang, kuliah umum, pelatihan, dll.

International Exposure

  1. International exposure berupa pengajar asing dari US (VIA fellow) dan Jerman (SES).
  2. International Team Teaching dari Australia (Monash University)
  3. International benchmarking di Singapore dan Malaysia
    • ISEAS (Institute of South East Asia Studies)
    • National University Singapore (NUS)
    • East Asian Institute (EAI)
    • Nanyang Technological University (NTU)
      Singapore
    • Nanyang Polytechnic International (NPYi)
    • Republic Polytechnic of Singapore
    • AMRO (ASEAN+3 Macroeconomic Research Office)
    • Halal Singapore
  4. Publikasi di jurnal dan prosiding Internasional.
  5. Presenter Dosen dan Mahasiswa di Konferensi Internasional, 
  6. Pertukaran Mahasiswa di Luar Negeri (UK, Australia)
    • Awardee of IISMA in Conventry University, UK
    • Awardee of IISMA in University of Nottingham, UK
    • Awardee of IISMA in Murdoch University, AUS
    • Awardee of IISMA in Lancaster, UK
  7. Host International Summer Course ASEAN Youth Voluntary Programme (AYVP)
  8. Hibah  Persiapan Sertifikat Internasional FIBAA.
  9. Dosen Anggota Organisasi Profesi dan Kompetensi Internasional (NZAE dan RSAI)
  10. Dosen Bersertifikasi Kompetensi Internasional (GRCP)
  11. Mahasiswa menjuarai kompetisi Akademik dan Non-Akademik Internasional.
    • 1st Winner of Group Project Presentation in Asia Women SDGs Convention 2021
    • Top 6 Finalis Rising Star Agrifood Challenge 2021 
    • Juara 1 (Most Outstanding) ASEAN Youth Organization Supports UMKM 2023 Business Model Review
  12. Kegiatan Mahasiswa dalam Forum Internasional :
    • Awardee of Tamasek Foundation Scale Scholar Community Action and Leadership Exchange Program Ngee Ann Polytechnic Singapore (2022, 2023)
    • Delegate in Asia Youth Speak Up Forum 2021 
    • Youth Ecosperity Dialogue, Singapore, 2023 

Kurikulum 2018

KURIKULUM 2021

Kegiatan Prodi

Slide 1
Liga DEB

Liga DEB merupakan salah satu program kerja tahunan yang diadakan dari Divisi PASTRY KMDEB (Passion and Creativity) sebut saja Minat dan Bakat dari KMDEB salah satu untuk melakukan penjaringan atlet-atlet yang berada di seluruh Program Studi di Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Penjaringan atlet-atlet ini bertujuan untuk mengajak beberapa mahasiswa yang akan ikut serta dalam kegiatan POVVAF (perlombaan di Sekolah Vokasi).

Slide 1
Slide 2
PEKAAA #2

PEK Akrab Antar Angkatan yang dilaksanan pada tanggal 14 September 2019 di Cangkringan, Sleman, merupakan kegiatan rutin mahasiswa PEK untuk menyambut mahasiswa baru program studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan. Kegiatan ini bertujuan untuk perkenalan sekaligus mempererat solidaritas antar mahasiswa angkatan lama dengan mahasiswa baru.

Slide 2
Slide 3
PANSOS

PANSOS merupakan kependekan dari Pengembangan Solidaritas Sesama, kegiatan yang bertujuan untuk membangun keakraban antara anggota Komunitas Mahasiswa Pembangunan Ekonomi Kewilayahan (KMPEK) ini diadakan rutin setiap pergantian pengurus KMPEK.

Slide 3
Slide 4
Slide 4
Slide 5
Slide 5
Slide 6
Slide 6
previous arrow
next arrow

Testimoni Mahasiswa Eksisting

Program studi D4 mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan pembangunan dan perencanaan ekonomi dengan proporsi 60% praktik dan 40% teori. Banyak pengalaman yang saya dapatkan, salah satunya mengunjungi bappeda Sleman untuk belajar secara langsung. Banyak webinar dan seminar dengan pembicara dari bappenas dan bappeda yang dapat menunjang eksposur baru bagi mahasiswa.

Ayu Alisia

Lulusan PEK bisa bekerja di bappenas, bappeda, LSM, LIPI, dan sebagainya. Prodi PEK menganut sistem proporsi belajar 60% praktek dan 40% teori, ditunjang dengan fasilitas, kerja sama, dan dosen yang mumpuni. Lingkungan PEK yang positif, mendorong mahasiswa untuk berkembang dan berproses lebih baik. Dosen pengajar yang kompeten dibidangnya. Fasilitas yang ditawarkan oleh prodi sangat lengkap dan membantu mahasiswa.

Muhammad Gesa

Tidak hanya mempelajari kebijakan dan teori ekonomi saja, PEK juga melakukan praktikum yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Tantangan yang dihadapi diantaranya mahasiswa harus mampu menjadi wadah berpikir untuk melakukan penelitian isu-isu perencanaan dan pembangunan, namun bimbingan dari dosen yang ahli dalam bidang perencanaan membuat belajar terasa menyenangkan. Pengalaman yang didapat antara lain, magang, kuliah umum, seminar atau webinar, dan asisten dosen.

Yoan Faralin

Banyak hal yang dipelajari dari PEK, tidak hanya ilmu ekonomi tapi juga belajar berbagai perspektif dari ilmu lain seperti pertanian, kebijakan public, tata kelola kota. PEK mewajibkan mahasiswa menjalani program wajib magang di akhir semester yang dapat mempermudah mahasiswa mengenal dunia kerja dengan baik. Hasilnya, saya dapat menganalisis isu-isu strategis yang ada dilapangan saat melaksanakan magang wajab disalah satu instansi BUMN.

Noviana Dewi

Video Profil

Profil
PlayPlay
Testimoni
PlayPlay
previous arrow
next arrow