• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • LAYANAN
      • Agenda Departemen
      • Dashboard Jadwal Perkuliahan
      • Peminjaman Ruang
      • Bantuan Petugas Perkuliahan
      • Barang Temuan
      • Aktivasi Akun Turnitin (Cek Plagiarisme)
      • LAYANAN AKADEMIK
      • LAYANAN PERPUSTAKAAN
      • Kuesioner Layanan
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
    • Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (MABA)
    • 🌍 Visiting Student Program 2025
  • PENGABDIAN
  • Beranda
  • Berita
  • Eboni Watch Bagikan Strategi Bawa Produk Lokal ke Pasar Global dalam International Collaboration Programs 2025

Eboni Watch Bagikan Strategi Bawa Produk Lokal ke Pasar Global dalam International Collaboration Programs 2025

  • Berita, Berita, News, SDG 17 Kemitraan untuk mencapai tujuan, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur
  • 2 October 2025, 03.57
  • Oleh: Web Admin
  • 0

Yogyakarta, 24 September 2025 – Desa Wisata Wukirsari kembali menjadi saksi kegiatan inspiratif melalui Community Service & International Collaboration Programs yang digelar oleh Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM (DEB SV UGM). Salah satu sesi yang paling menarik perhatian adalah materi dari Afidha Fajar Adhitya, Founder & CEO Eboni Watch, dengan topik “Digital Marketing Strategy”.

Dalam pemaparannya, Afidha menekankan bahwa produk lokal bukan hanya komoditas ekonomi, tetapi juga membawa identitas budaya. “Produk lokal seperti batik Giriloyo tidak sekadar kain, tetapi ada filosofi dan cerita di baliknya. Inilah yang menjadi nilai lebih saat dipasarkan ke dunia internasional,” jelasnya.

Peserta yang terdiri dari wirausaha/perajin batik lokal, mahasiswa DEB SV UGM, dan siswa Institute of Technical Education (ITE) College Singapore diajak melihat bagaimana Eboni Watch, sebuah brand jam tangan kayu lokal yang berdiri sejak 2014, mampu menembus pasar global dengan mengedepankan storytelling, kualitas produk, customer oriented, dan strategi digital marketing.

Selain berbagi kisah perjalanan brand Eboni yang kini memproduksi hingga 2.500 unit jam tangan per bulan, Afidha juga menekankan pentingnya kolaborasi. Menurutnya, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dengan menggandeng desainer muda, brand internasional, hingga memanfaatkan pameran dan expo global.

Salah satu guru pendamping dari ITE College Singapore, Mr. Moo Fang Xun Adrian, turut memberikan tanggapan positif bahwa memang storytelling menjadi kunci penting untuk memasarkan produk-produk lokal yang autentik di pasar global. Fokus Eboni pada kepuasan pelanggan juga merupakan pilihan tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Kegiatan ini menjadi ruang refleksi bahwa untuk bersaing di level internasional, UMKM tidak cukup hanya mengandalkan kreativitas desain, tetapi juga harus konsisten menjaga mutu, memahami segmen pasar, dan berani menceritakan nilai budaya di balik produk mereka.

Sekilas Eboni Watch

Dengan adanya sesi ini, peserta memperoleh wawasan langsung mengenai tantangan dan peluang pemasaran produk lokal di era global. Harapannya, pengalaman belajar ini dapat memotivasi para wirausaha lokal dan generasi muda untuk terus mendukung perkembangan ekonomi kreatif Indonesia, serta memperkuat sinergi antarbangsa dari kolaborasi internasional. (Red. Yemima Diva Natalia)

Tags: SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4 Pendidikan Berkualitas SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Pelatihan Ketrampilan Bagi Ibu Rumah Tangga sebagai Upaya Pencapaian SDGs
  • Usaha Meningkatkan Kompetensi SDM BKAD Gunungkidul Untuk Tata Kelola Aset Yang Transparan dan Berkelanjutan Melalui Pelatihan Penilaian NJOP PBB P2
  • Dukung PAD Gunungkidul, Sekolah Vokasi UGM Laksanakan Pelatihan Penilaian Properti dan Pemanfaatan Aset Daerah
  • Belatian Detiara dan Melani Fatika, Raih Prestasi sebagai Juara 2 dalam Business Plan Competition  2025 pada Rangkaian Acara Islamic Business Management Fair (IBMF) 9.0 yang diselenggarakan oleh FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Drivers of Islamic Banking Adoption in Indonesia and SDG 8
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY