• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • LAYANAN
    • Agenda Departemen
    • Dashboard Jadwal Perkuliahan
    • Peminjaman Ruang
    • Bantuan Petugas Perkuliahan
    • Barang Temuan
    • Sistem Notifikasi WhatsApp
    • LAYANAN AKADEMIK
    • LAYANAN PERPUSTAKAAN
    • Kuesioner Layanan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
  • Beranda
  • Announcement
  • Pentingnya Foto Produk untuk Penjualan melalui Media Sosial bagi UMKM di Perdesaan

Pentingnya Foto Produk untuk Penjualan melalui Media Sosial bagi UMKM di Perdesaan

  • Announcement, Berita, Berita, IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat, News, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, SDG 5: Kesetaraan Gender, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur
  • 28 November 2024, 09.20
  • Oleh: Web Admin
  • 0

Di era digital, media sosial telah menjadi alat pemasaran yang efektif untuk penjualan, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Untuk mendukung penjualan melalui media sosial, diperlukan foto produk yang menarik dan berkualitas. Hal ini karena foto produk dapat berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan pembeli.

Foto produk yang berkualitas meningkatkan kesan pertama yang baik di mata calon pembeli. Di platform seperti Instagram, WhatsApp Business, dan Facebook, tampilan foto produk yang menarik dapat membantu UMKM untuk lebih dikenali ditengah persaingan yang semakin ketat. Foto produk yang profesional juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk tersebut. Dalam jual beli online, pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, sehingga foto yang jelas dan detail yang baik akan dapat meyakinkan pembeli.

Selain itu, foto produk juga akan membangun citra merk UMKM. Dengan pemilihan warna, pencahayaan, dan gaya fotografi yang konsisten, membantu menciptakan identitas merk yang kuat. Hal ini juga penting untuk membangun loyalitas pelanggan.

UMKM perlu memahami dasar-dasar fotografi produk yang sederhana, seperti pencahayaan, komposisi, dan penggunaan latar belakang yang sesuai. Pencahayaan ini berkaitan dengan penggunaan cahaya alami atau buatan untuk membuat produk lebih terlihat jelas dan menonjol dibandingkan dengan latar belakangnya. Komposisi foto berkaitan dengan elemen-elemen visual untuk menciptakan keseimbangan dan fokus pada gambar. Sementara itu, latar belakang berkaitan dengan elemen visual di belakang produk dengan tujuan untuk menonjolkan produk, menciptakan konteks, maupun menghindari ganguan visual.

Namun demikian, seringkali UMKM yang baru memulai bisnisnya kesulitan untuk menggunakan teknologi seperti fungsi-fungsi kamera. Oleh sebab itu, pemerintah desa dapat menggandeng universitas atau mahasiswa untuk melakukan pelatihan di bidang fotografi produk secara sederhana menggunakan alat-alat yang dimiliki oleh UMKM. Sebagai contoh yang dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan terhadap pelaku UMKM di Kalurahan Sendangsari. Mahasiswa dari prodi tersebut melakukan pelatihan foto kepada pelaku UMKM, yang utamanya adalah wanita. Dari peserta pelatihan tersebut, sebanyak 63% belum pernah mengikuti pelatihan foto produk dan sebanyak 92% menyatakan bahwa pelatihan akan bermanfaat bagi bisnis UMKM-nya. Pemerintah desa juga dapat bekerjasama dengan kelompok-kelompok pemuda di desanya untuk membantu melalukan foto produk. Hal ini karena anak-anak muda seringkali lebih memiliki keterampilan teknis dan fotografi yang lebih baik.

Dengan foto produk yang optimal, UMKM termasuk di perdesaan, dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pasar mereka. Foto produk bukan lagi sekadar pelengkap, tetapi elemen penting dalam strategi pemasaran yang efektif. (Red. Amesta)

Tags: IKU IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat SDG SDG 4 Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur Sekolah Vokasi UGM; Vokasi UGM

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Pendaftaran Blu Ambassador Vokasi UGM
  • Pendataan Akun Linkedin Mahasiswa SV UGM
  • Upgrade Profil, Unlock Karier: Workshop Pemanfaatan LinkedIn bagi Mahasiswa Guna Bangun Personal Branding
  • BPKH Mastering Class: Mendalami Konsep Transaksi Keuangan Islami Digelar di DEB SV UGM
  • SV UGM Career Days: “Langkah Awal Menuju Karir Gemilang”
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY