• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • LAYANAN
    • Agenda Departemen
    • Dashboard Jadwal Perkuliahan
    • Peminjaman Ruang
    • Bantuan Petugas Perkuliahan
    • Barang Temuan
    • Sistem Notifikasi WhatsApp
    • LAYANAN AKADEMIK
    • LAYANAN PERPUSTAKAAN
    • Kuesioner Layanan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
  • Beranda
  • Announcement
  • Penguatan Kapasitas Digital Marketing Produk UMKM Sendangsari: Langkah Maju Menuju Era Digital

Penguatan Kapasitas Digital Marketing Produk UMKM Sendangsari: Langkah Maju Menuju Era Digital

  • Announcement, Berita, Berita, IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, News, Pengumuman, SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur
  • 19 November 2024, 10.17
  • Oleh: Web Admin
  • 0

Sendangsari, Kulon Progo – Perkembangan teknologi digital kini memengaruhi hampir semua aspek kehidupan, termasuk sektor UMKM. Untuk mendukung UMKM menghadapi tantangan ini, Program Studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sekolah Vokasi UGM, menggelar pelatihan bertema “Penguatan Kapasitas Digital Marketing Produk UMKM” pada Sabtu, 31 Agustus 2024, di Field Research Center UGM, Kulon Progo. Pelatihan ini digagas oleh Dr. RY Kun Haribowo bersama dosen Pembangunan Ekonomi Kewilayahan.. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Laksmi Yustika Devi, S.P., M.Si., Ph.D., GRCP., bersama Lurah Sendangsari, Suhardi. Dalam sambutannya, Lurah Sendangsari menyampaikan bahwa pelaku UMKM di Sendangsari memiliki potensi besar untuk meningkatkan produk dan jangkauan pemasaran mereka di era digital. “Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan kualitas produk serta strategi pemasaran digital agar mampu bersaing di platform online,” ujarnya.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, Ibu Primastuti Satrianto memberikan materi mengenai penguatan strategi pemasaran digital, yang mencakup penggunaan platform E-commerce dan Marketplace. Primastuti menyoroti pentingnya memahami perilaku konsumen online dan teknik branding produk agar UMKM dapat tetap relevan dalam persaingan yang ketat.

Sesi kedua merupakan praktik langsung, di mana peserta diajarkan cara membuat akun WhatsApp Business oleh mahasiswa pendamping. Platform ini dipilih karena fleksibilitas dan aksesibilitasnya yang sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM. Peserta tidak hanya

diajarkan cara membuat akun, tetapi juga strategi mengoptimalkan fitur WhatsApp Business untuk mendukung penjualan dan interaksi pelanggan secara efektif.

Usai pelatihan, tim pengabdian masyarakat melakukan sesi pemotretan produk UMKM Sendangsari. Foto-foto ini diunggah ke akun WhatsApp Business masing-masing UMKM untuk meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan identitas unik bagi setiap produk, sehingga lebih mudah dikenal dan diminati di pasar digital.

Kegiatan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan Tujuan 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur). Dengan memberdayakan pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing, diharapkan ekonomi lokal dapat tumbuh secara inklusif dan berkelanjutan, sekaligus mendorong inovasi dalam strategi pemasaran produk. Langkah ini juga mendukung Tujuan 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab) dengan meningkatkan efisiensi pemasaran dan menciptakan nilai tambah bagi produk lokal. (Red. Kun)

Tags: IKU IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus SDG SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Deni Kurniawan Saputra Mahasiswa Prodi MPP Bersama Tim Black Dove Raih Juara 3 dalam Stock Quest 2025
  • Update Pemberitahuan Perubahan Ruang Kelas
  • Informasi Wisuda Mei 2025
  • Edaran Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Efisiensi Listrik
  • Pendaftaran Blu Ambassador Vokasi UGM
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY