• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • LAYANAN
      • Agenda Departemen
      • Dashboard Jadwal Perkuliahan
      • Peminjaman Ruang
      • Bantuan Petugas Perkuliahan
      • Barang Temuan
      • Aktivasi Akun Turnitin (Cek Plagiarisme)
      • LAYANAN AKADEMIK
      • LAYANAN PERPUSTAKAAN
      • Kuesioner Layanan
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
    • Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (MABA)
    • 🌍 Visiting Student Program 2025
  • PENGABDIAN
  • Beranda
  • Berita
  • Peningkatan Literasi Keuangan Anak Usia Dini melalui Permainan Interaktif di Salaman, Jawa Tengah

Peningkatan Literasi Keuangan Anak Usia Dini melalui Permainan Interaktif di Salaman, Jawa Tengah

  • Berita, Berita, News, Pengabdian, SDG 10 Mengurangi Ketimpangan, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  • 27 September 2025, 07.45
  • Oleh: Web Admin
  • 0

Salaman, Jawa Tengah (25 Juli 2025) – Yesa Nadia Octaviana, mahasiswa Program Studi Perbankan, Departemen Ekonomika dan Bisnis UGM, merancang sebuah program literasi keuangan interaktif yang diluncurkan di Salaman, Jawa Tengah. Program ini ditujukan untuk membekali anak usia dini dengan pemahaman dasar tentang uang, transaksi, dan pentingnya menabung. Inisiatif tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang menekankan pendidikan berkualitas dan berkelanjutan.

Program ini diselenggarakan untuk menanamkan pemahaman manajemen uang sejak dini. Dengan memperkenalkan mata uang Rupiah dan berbagai fungsinya, anak-anak didorong untuk mensimulasikan skenario jual beli sebagai pengalaman belajar praktis yang meningkatkan kesadaran keuangan mereka. Melalui permainan interaktif, anak-anak tidak hanya belajar tentang Rupiah, tetapi juga mengenal mata uang asing sehingga memperluas pemahaman mereka mengenai keuangan global. Pendekatan ini bertujuan menjadikan pendidikan keuangan lebih mudah diakses, menyenangkan, dan relevan bagi pelajar muda sebagai fondasi literasi keuangan di masa depan.

Salah satu komponen utama program ini adalah latihan praktis berupa simulasi belanja. Anak-anak diberikan kesempatan untuk terlibat dalam pengalaman jual beli dengan instruksi tertentu, sehingga mereka dapat menerapkan pengetahuan tentang mata uang dalam konteks nyata. Aktivitas ini membuat pembelajaran terasa menyenangkan sekaligus meningkatkan pemahaman mengenai manajemen uang dan pentingnya pengambilan keputusan keuangan yang tepat. Selain itu, konsep menabung juga diperkenalkan melalui permainan, dengan tujuan menanamkan rasa tanggung jawab keuangan serta pandangan jauh ke depan. Pendekatan ini diharapkan membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan keuangan yang sehat sejak dini.

Permainan interaktif yang digunakan dirancang agar edukatif sekaligus menarik, sehingga pembelajaran tentang keuangan tidak membosankan. Dengan metode berbasis permainan, konsep yang kompleks dapat dipahami lebih sederhana oleh anak-anak. Inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan retensi pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam terhadap prinsip-prinsip dasar keuangan.

Umpan balik yang diterima dari kegiatan ini sangat positif. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi terhadap permainan dan aktivitas yang disediakan. Para pendidik juga mencatat adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan anak-anak mengenali serta memahami nilai uang. Paparan awal terhadap konsep keuangan dinilai sebagai langkah penting dalam mempersiapkan mereka menghadapi tanggung jawab finansial di masa depan.

Seiring dengan perkembangan program, penyelenggara berencana memperluas jangkauannya ke lebih banyak komunitas. Harapannya, terbentuk generasi yang cerdas secara finansial dan mampu mengambil keputusan tepat dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Program Studi Perbankan sendiri berfokus pada penguasaan ilmu keuangan, pengelolaan uang, serta layanan perbankan yang merupakan bagian penting dari sistem ekonomi modern. Melalui program literasi keuangan ini, mahasiswa berkesempatan menerapkan teori keuangan dalam praktik nyata di masyarakat. Pengenalan konsep dasar uang dan transaksi kepada anak-anak menjadi fondasi awal yang krusial, sementara pemahaman tentang pentingnya menabung dan mengelola uang merupakan prinsip dasar perbankan yang harus ditanamkan sejak dini.

Program literasi keuangan interaktif ini sekaligus mencerminkan tanggung jawab sosial mahasiswa dalam mengedukasi masyarakat agar lebih melek finansial. Dengan demikian, inisiatif ini memberikan manfaat besar tidak hanya bagi perkembangan kemampuan keuangan anak-anak, tetapi juga bagi kemajuan literasi keuangan masyarakat luas.

Sebagai penutup, program literasi keuangan di Salaman, Jawa Tengah, menjadi langkah penting dalam memberdayakan generasi muda dengan keterampilan finansial yang mereka butuhkan untuk masa depan yang berkelanjutan. Dengan menekankan pendidikan berorientasi keberlanjutan, inisiatif ini tidak hanya meningkatkan literasi keuangan, tetapi juga mendorong kolaborasi yang erat antara anak, orang tua, dan pendidik. [Red. Amesta]

Tags: SDG SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 4 Pendidikan Berkualitas SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Pendaftaran Beasiswa ADik Disabilitas 2025
  • Eboni Watch Bagikan Strategi Bawa Produk Lokal ke Pasar Global dalam International Collaboration Programs 2025
  • Belajar Bersama The Nijo Photograph di International Collaboration Programs 2025
  • Program Pengabdian Masyarakat Internasional Kolaborasi Mahasiswa DEB SV UGM & ITE Singapore di Kampung Batik Giriloyo
  • DEB SV UGM Perkuat Sinergi Binaan Desa Wisata Wukirsari Lewat Kolaborasi Internasional dengan ITE Singapore
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY