
Kurikulum Merdeka untuk Sekolah Dasar terutama kelas V, akan membekali peserta didik untuk memahami bidang ilmu pengetahuan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan belajar IPAS mendorong peserta didik untuk lebih mencintai fenomena alam dan sosial di sekitar kita, sehigga dengan memahami topik topik, maka akan meningkatkan kecintaan peserta didik akan alam dan aspek sosial dari kehidupan manusia. Melalui proses pembelajaran IPAS dalam kurikulum Merdeka, maka peserta didik akan memahami secara lebih mendalam hal hal dan fenomena yang terjadi di sekitar hidup peserta didik sehari hari baik di sekolah maupun di rumah dan di tempat lain seperti pada saat berkunjung ke keluarga atau kerabat dan berekreasi. Setelah peserta didik memahami, maka diharapkan akan semakin menyayangi lingkungan hidup kita dengan memelihara atau menjaganya sebagai wujud dari kecintaan pada ciptaan Tuhan dan menghargai secara adil kecanggihan teknologi untuk membantu kehidupan manusia lebih efisien dan efektiv dan Sejahtera dalam jangka panjang.
Untuk memastikan peserta didik sudah memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, serangkaian proses pembelajaran yang sudah dilakukan baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur, baik secara mandiri maupun berkelompok, maka diperlukan satu tambahan peraga pembelajaran berupa alat evaluasi yang bersifat obyektif, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja dengan lebih efektif dan efisien pengukurannya. Dengan melakukan tes obyektif, maka diuji dan dikoreksi oleh siapa pun akan menghasilkan output yang sama (obyektif). Hasil dari tes obyektif dapat dipergunakan oleh para guru dan tim kurikulum di sekolah dasar negeri Giritirto untuk mengintrosepksi sekaligus melakukan perbaikan untuk menghsilkan output yang terus meningkat dan lebih baik dari periode sebelumnya.
Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengukur Tingkat pemahaman peserta didik, adalah dengan mengembangkan peraga pengejaran dengan membuat buku latihan yang merupakan bank soal yang berujud pilihan berganda (multiple choice). Peraga ini menyiapkan sejumlah soal kurang lebih 50 soal pilihan berganda untuk setiap tema atau materi IPAS yaitu (1) Melihat karena cahaya dan mendengar karena bunyi (2) Harmoni dalam ekosistem, (3) Magnet, Listrik dan teknologi untuk kehidupan (4) Ayo berkenalan dengan bumi kita (5) Bagaiman kita hidud dan bertumbuh (6) Indonesiaku kaya raya (7) Daerahku kebangganku dan (8) Bumiku sayang bumiku malang. Bank Soal daiambil dari berbagai evaluasi test untuk materi IPAS kelas V baik dari buku hard copy dari berbagai penerbit maupun dari media sosial You Tube. Kumpulan atau bank soal diharapkan akan meningkatkan pemahaman materi IPAS yang kemudian akan diikuti perilaku siswa yang akan semakin menyayangi bumi , baik berupa flora dan fauna, kebudayaan dan kebanggan daerah di Nusantara serta isi bumi dengan lebih bijaksana sejak dini.
Keciantaan peserta didik akan lingkungan alam dan sosial akan berdampak pada kesejahteraan dan kenyamanan semua makhluk hidup yang ada di bumi seklaigus meningkatkan ekbangaan kepada budaya bangsa yang sangat luhur dan akan menaingkatkan kepercayaan kepada Tuhan sang pencipta dengan senantiasa mengembangkan teknologi yang membantu kehidupan manusia untuk lebih Sejahtera dan memelihara serta menjaga alam dengan lingkungannya secara ilmiah. [Red. Sufitri]