• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • LAYANAN
      • Agenda Departemen
      • Dashboard Jadwal Perkuliahan
      • Peminjaman Ruang
      • Bantuan Petugas Perkuliahan
      • Barang Temuan
      • Aktivasi Akun Turnitin (Cek Plagiarisme)
      • LAYANAN AKADEMIK
      • LAYANAN PERPUSTAKAAN
      • Kuesioner Layanan
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
    • Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (MABA)
    • šŸŒĀ Visiting Student Program 2025
  • PENGABDIAN
  • Beranda
  • Berita
  • Peran Iklan Layanan Masyarakat dalam merubah perilaku Judi Online

Peran Iklan Layanan Masyarakat dalam merubah perilaku Judi Online

  • Berita, Berita, News, SDG 1: Tanpa Kemiskinan, SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  • 28 October 2025, 09.34
  • Oleh: Web Admin
  • 0
Gambar Ilustrasi AI

 

Oleh : Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, S.E., M.B.A

Di era digital saat ini, judi online menjadi sebuah ancaman yang nyata bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Aksesibilitas yang mudah, iklan yang menyesatkan, dan keuntungan instan yang dijanjikan membuat banyak orang terjebak dalam lingkaran adiktif ini. Salah satu upaya strategis yang dilakukan untuk menanggapi tantangan tersebut yaitu melalui pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang berfungsi sebagai sarana edukasi dan upaya preventif. Penelitian berjudul ā€œMenghalau Godaan Digital: Pengembangan Kampanye Anti-Judi Online untuk Kaum Muda di Era Teknologiā€ bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi generasi muda terhadap iklan judi online serta mengidentifikasi preferensi mereka terhadap bentuk ILM yang menarik dan efektif. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar dalam perancangan ILM yang mampu menyampaikan pesan bahaya judi online secara lebih persuasif, relevan, dan berdampak. Dengan demikian, ILM tidak hanya berperan sebagai sarana komunikasi publik, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam membangun kesadaran, perubahan sikap, dan partisipasi aktif generasi muda dalam upaya pencegahan judi online.

Dalam konteks pemberantasan judi online secara lebih luas, ILM hadir sebagai garda terdepan yang menjembatani upaya edukasi individu dengan gerakan sosial yang lebih masif. ILM memainkan sejumlah peran kunci, diantaranya:

  1. edukasi dan penyadaran

ILM menginformasikan masyarakat tentang dampak negatif judi online, baik dari sisi psikologis, ekonomi, maupun hukum. Melalui pesan visual dan narasi yang menyentuh, ILM menggambarkan kenyataan pahit yang dialami para korban, sehingga masyarakat lebih waspada dan tidak mudah tergoda.

  1. mengubah pola pikir dan sikap

Banyak yang masih menganggap judi online sebagai hiburan atau jalan pintas untuk kaya. ILM membantu mematahkan mitos ini dengan pendekatan kreatif dan berbasis fakta, sehingga muncul kesadaran bahwa judi adalah bentuk eksploitasi dan perusakan masa depan.

  1. mendorong aksi dan partisipasi publik

ILM juga berperan mendorong masyarakat untuk melapor, menolak, dan menjauhi praktik judi online. Dengan menyampaikan bahwa pemberantasan judi adalah tanggung jawab bersama, ILM membangkitkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

  1. mendukung kebijakan pemerintah

Sebagai bagian dari strategi komunikasi publik, ILM memperkuat regulasi dan kebijakan pemerintah dalam memerangi judi online. Sosialisasi hukum, ancaman sanksi, serta informasi kanal pelaporan dapat disampaikan secara masif dan sistematis melalui ILM.

  1. memanfaatkan media digital secara positif

Judi online menyebar lewat internet dan di sinilah ILM perlu hadir dengan kekuatan yang sama. Kampanye melalui media sosial, video pendek, infografis, hingga kolaborasi dengan influencer menjadi strategi efektif untuk menjangkau generasi digital.

Dengan menyoroti risiko finansial dan sosial yang dapat ditimbulkan akibat judi online, penelitian terkait perancangan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berkontribusi langsung pada pencapaian SGD 1: Tanpa kemiskinan, serta mendukung tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ketahanan sosial. Lebih dari itu, upaya edukatif dan preventif melalui ILM turut mendukung SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera, dengan menekan dampak psikologis, stres, dan gangguan mental akibat kecanduan judi online. Selain itu, dengan memperkuat kesadaran hukum, membangun kepercayaan publik terhadap aparat, dan menumbuhkan budaya antikorupsi serta anti-kriminalitas digital, ILM juga berperan dalam mewujudkan SDG 16: Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh. Optimalisasi peran Iklan Layanan Masyarakat (ILM) diiringi kolaborasi lintas sektor dan pendekatan berbasis bukti, merupakan kunci mempercepat tercapainya target pembangunan berkelanjutan di Indonesia. [Red. Agusta]

Tags: SDG SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDGs

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)
  • Transformasi BLUD Kesehatan: Mendorong Kinerja Komprehensif dan Berkelanjutan
  • Pengetatan Suku Bunga BI Perkuat Modal Bank, Likuiditas Ketat Sementara — Dorong Pencapaian SDGs 8
  • Peran Kebijakan Suku Bunga dalam Mendukung Stabilitas Keuangan untuk Pencapaian SDGs di Indonesia
  • Perlunya Iklan Layanan Masyarakat dalam mencegah Judi Online
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY