• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • LAYANAN
    • Agenda Departemen
    • Dashboard Jadwal Perkuliahan
    • Peminjaman Ruang
    • Bantuan Petugas Perkuliahan
    • Barang Temuan
    • Sistem Notifikasi WhatsApp
    • LAYANAN AKADEMIK
    • LAYANAN PERPUSTAKAAN
    • Kuesioner Layanan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
  • Beranda
  • Announcement
  • Pengembangan UMKM di BUMDES Binangun Sendang Artha melalui Peningkatan Kemasan Produk

Pengembangan UMKM di BUMDES Binangun Sendang Artha melalui Peningkatan Kemasan Produk

  • Announcement, Berita, Berita, IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat, SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  • 21 November 2024, 13.51
  • Oleh: Web Admin
  • 0

BUMDES Binangun Sendang Artha merupakan badan usaha milik desa yang terletak di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. BUMDES ini didirikan pada 29 Mei Tahun 2017 dengan menjalankan dua unit usaha bisnis yaitu, unit jasa keuangan mikro dan unit perdagangan dan jasa. Keberadaan BUMDES bagi perekonomian Kalurahan Sendangsari dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan ekonomi rakyat agar menjadi tangguh dan mandiri, serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga desa. Dengan maksud tersebut, BUMDES ini memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan kesempatan berusaha, kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan daerah.

BUMDES Binangun Sendang Artha

Unit perdagangan dan jasa BUMDES Binangun Sendang Artha memiliki manfaat untuk menyediakan produk baik berupa barang maupun jasa yang dibutuhkan masyarakat dan untuk mengelola potensi yang ada di wilayah Sendangsari, baik berupa SDM maupun SDA dan produk olahan yang berkualitas. Oleh karena itu, BUMDES memegang peranan penting dalam pengembangan UMKM di Kalurahan Sendangsari.

Usaha yang dijalankan oleh BUMDES telah bertahan dan berjalan tetapi belum maksimal dikarenakan rendahnya kapasitas pengetahuan dan keterampilan pengelola BUMDES dalam mengembangkan produk dan memperluas pasar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh unit perdagangan dan jasa BUMDES Binangun Sendang Artha, maka solusi yang dapat dikembangkan adalah “Pelatihan Teknis Terkait Peningkatan Pemasaran”.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi BUMDES Binangun Sendang Artha telah dilakukan di Field Research Center (FRC) pada tanggal 31 Agustus 2024 dengan beberapa pemaparan mengenai strategi pemasaran produk UMKM. Materi terkait strategi pemasaran produk UMKM disampaikan oleh Ibu Primastuti Satrianto. Beliau menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pemasaran produk menjadi lebih menarik seperti kemasan, informasi terkait produk, ciri khas produk itu sendiri, dan branding hal-hal tersebut merupakan kunci untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan produk yang dikenal oleh banyak orang.

Kemasan produk merupakan salah satu hal yang penting dalam strategi pemasaran produk karena selain untuk melindungi produk, tetapi juga bisa untuk menarik perhatian pelanggan. Kemasan yang menarik dan unik akan memberikan kesan positif yang membedakan produk dari pesaing. Informasi produk yang jelas terkait produk yang akan dijual sangat membantu bagi pelanggan untuk mengetahui komposisi, manfaat, cara penggunaan, tanggal kadaluwarsa, dan nilai gizi (untuk produk makanan). Penyajian informasi yang lengkap terkait produk yang akan dijual akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Ciri khas produk itu sendiri akan menjadi pembeda satu produk dengan produk yang lain, hal tersebut membantu menciptakan branding yang kuat bagi produk itu sendiri.

 

Pendampingan yang diberikan berhasil membantu pengelola UMKM untuk lebih memahami nilai branding. Peningkatan keterampilan pemasaran akan berpotensi untuk memperluas jangkauan pasar, sekaligus meningkatkan nilai jual produk lokal. Beberapa UMKM yang telah mengikuti pelatihan ini telah berhasil menerapkan ilmu yang didapat dengan menggunakan kemasan produk yang unik dan menarik, menyajikan informasi produk yang lebih lengkap, serta memiliki ciri khas produk yang memberikan branding bagi produk itu sendiri.

Pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran yang diberikan pada para pelaku UMKM di Kalurahan Sendangsari telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan pengelolan UMKM, terutama dalam aspek pemasaran produk. Melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya strategi dalam pemasaran produk seperti kemasan produk yang menarik, informasi produk yang lengkap, serta penciptaan ciri khas yang kuat sebagai bagian dari branding. Untuk menjaga keberlanjutan program ini, maka disarankan agar pihak BUMDes dan para pelaku UMKM terus mengembangkan strategi pemasaran dengan melakukan evaluasi berkala terhadap efektivitas pemasaran digital dan analisis pasar. Dukungan berupa bantuan akses terhadap teknologi juga dapat membantu UMKM di Kalurahan Sendangsari dalam mengembangkan kapasitas dan memperluas jangkauan pasar. (Red. Laksmi)

Tags: IKU IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat SDG SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Deni Kurniawan Saputra Mahasiswa Prodi MPP Bersama Tim Black Dove Raih Juara 3 dalam Stock Quest 2025
  • Update Pemberitahuan Perubahan Ruang Kelas
  • Informasi Wisuda Mei 2025
  • Edaran Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Efisiensi Listrik
  • Pendaftaran Blu Ambassador Vokasi UGM
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY