• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • LAYANAN
    • Agenda Departemen
    • Dashboard Jadwal Perkuliahan
    • Peminjaman Ruang
    • Bantuan Petugas Perkuliahan
    • Barang Temuan
    • Sistem Notifikasi WhatsApp
    • LAYANAN AKADEMIK
    • LAYANAN PERPUSTAKAAN
    • Kuesioner Layanan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
  • Beranda
  • Announcement
  • Pelatihan Strategis: Penyusunan Proposal dan Lingkup Penugasan Penilaian Agunan bagi Penilai Internal Perbankan di Kabupaten Kulonprogo

Pelatihan Strategis: Penyusunan Proposal dan Lingkup Penugasan Penilaian Agunan bagi Penilai Internal Perbankan di Kabupaten Kulonprogo

  • Announcement, Berita, Berita, News, SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  • 30 October 2024, 11.53
  • Oleh: Web Admin
  • 0

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor perbankan menjadi salah satu kebutuhan mendesak dalam rangka mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Proposal dan Lingkup Penugasan dalam Penilaian Agunan. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi SDM perbankan dalam memahami dan mengelola aset sebagai sebuah jaminan kredit.

Dalam sektor perbankan, penilaian aset untuk agunan merupakan proses penting untuk memastikan pemberian kredit yang aman dan tepat sasaran. Lingkup penilaian agunan melibatkan analisis nilai pasar, legalitas dokumen, hingga risiko yang terkait dengan aset tersebut. Proposal penilaian aset yang berkualitas akan membantu bank menentukan kelayakan kredit, meminimalkan risiko kredit macet, dan memastikan transparansi dalam pengelolaan agunan.

Pelatihan ini sangat relevan bagi SDM perbankan di Kulonprogo dimana wilayahnya sedang berkembang pesat, khususnya dengan adanya pembangunan infrastruktur besar seperti Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Hal ini tentunya menyebabkan permintaan kredit untuk sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) maupun properti meningkat signifikan, sehingga dibutuhkan SDM yang kompeten dalam melakukan penilaian agunan secara profesional dan berintegritas.

Pelatihan ini mendukung SDGs 8 – Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang bertujuan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan menyediakan pekerjaan layak. Dengan peningkatan keterampilan SDM perbankan diharapkan mampu meningkatan kualitas pelayanan finansial dan mendukung pertumbuhan UMKM di Kulon Progo. Pelatihan ini juga relevan dengan SDGs 4 – Pendidikan Berkualitas, karena menyediakan pendidikan dan pelatihan informal bagi SDM Perbankan untuk meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan kebutuhan praktik penilaian.

Pelatihan ini dirancang mencakup beberapa aspek utama:

  1. Pemahaman Lingkup Penilaian Peserta dilatih untuk melakukan analisis faktor yang dapat mempengaruhi nilai aset, seperti lokasi, kondisi fisik, dan kebutuhan pasar.
  2. Penyusunan Proposal Penilaian. Peserta diajarkan untuk menyusun proposal penilaian aset yang sistematis, akurat, dan memenuhi standar yang
  3. Studi Kasus dan Praktik Peserta diberikan simulasi kasus nyata untuk memahami penerapan teori ke dalam praktik penilaian agunan.

Dengan demikian, manfaat yang diharapkan dari pelatihan ini adalah membekali penilai internal dengan keterampilan yang diperlukan agar mampu melakukan penilaian agunan secara kompeten dan akurat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja mereka. Hasil kegiatan ini adalah dapat memberikan manfaat bagi staf penilai internal baik dalam mengembangkan kompetensi ataupun memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan staf penilai internal bank di Kabupaten Kulonprogo. Pelatihan ini juga berkontribusi pada pencapaian SDGs 8 dan SDGs 4 yang menekankan pentingnya pekerjaan layak dan pendidikan berkualitas untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

REFERENSI

  1. Bank (2022). Pedoman Penilaian Aset untuk Kredit Perbankan. Jakarta: Bank Indonesia.
  2. Otoritas Jasa (2023). Panduan Manajemen Risiko Kredit Perbankan. Jakarta: OJK.
  3. Kementerian PPN/Bappenas. (2022). Rencana Aksi Pencapaian SDGs di Indonesia 2020- Jakarta: Bappenas.
  4. Wahyudi, (2021). Peningkatan Kompetensi SDM Perbankan melalui Pelatihan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 14(3), 121-134.

(Red. Anisa dkk.)

Tags: IKU IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat SDG SDG 4 Pendidikan Berkualitas SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Sekolah Vokasi UGM; Vokasi UGM

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Post

  • Pendaftaran Blu Ambassador Vokasi UGM
  • Pendataan Akun Linkedin Mahasiswa SV UGM
  • Upgrade Profil, Unlock Karier: Workshop Pemanfaatan LinkedIn bagi Mahasiswa Guna Bangun Personal Branding
  • BPKH Mastering Class: Mendalami Konsep Transaksi Keuangan Islami Digelar di DEB SV UGM
  • SV UGM Career Days: “Langkah Awal Menuju Karir Gemilang”
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY