Yogyakarta, 2 Mei 2025 — Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DEB SV UGM) kembali mengadakan kegiatan pengembangan soft skill bagi mahasiswa semester 6 melalui workshop bertajuk “Upgrade Profil, Unlock Karier: LinkedIn untuk Personal/Profesional Branding.” Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, yakni pada Selasa, 22 April 2025 untuk mahasiswa kelas Akuntansi Sektor Publik dan Manajemen & Penilaian Properti, serta Selasa, 29 April 2025 untuk kelas Pembangunan Ekonomi Kewilayahan dan Perbankan.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program integrasi kurikulum dan pengembangan karier yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan membangun citra profesional secara digital. LinkedIn, sebagai platform jaringan profesional terbesar di dunia, menjadi fokus utama dalam pelatihan ini. Pada kesempatan ini, Ibu Fani Pramuditya, S.E., M.B.A., Manajer Pengembangan Kemahasiswaan SV UGM, menjadi narasumber utama yang memandu mahasiswa memahami strategi personal branding yang efektif melalui LinkedIn.
Dalam sesi tersebut, beliau menyampaikan bahwa LinkedIn memiliki lebih dari 500 juta pengguna global, dengan sekitar 34,6 juta pengguna berasal dari Indonesia. Platform ini bukan hanya tempat membangun jaringan, tetapi juga sarana berbagi gagasan, mencari peluang kerja, serta memperkuat kredibilitas akademik dan profesional. Menurut pemaparan beliau, LinkedIn sering kali menjadi hasil pencarian teratas di Google ketika seorang user melakukan pencarian nama, maka dengan potensi itulah penting bagi mahasiswa untuk membangun profil yang representatif dan profesional guna menyambut kesiapan di dunia kerja.
Dengan potensi tersebut, beliau memberikan tips agar LinkedIn dapat terbangun dengan menarik di mata rekruiter, antara lain mengurangi screen time media sosial non-produktif, mencari 3 profil pekerjaan impian, menentukan 3–5 perusahaan target, menyusun headline dan ringkasan profil secara profesional, dan menulis pengalaman dengan menekankan pengalaman pengerjaan proyek dan pencapaiannya. Berkaitan dengan penulisan pengalaman, mahasiswa diarahkan untuk mulai mengunggah tugas seperti makalah ke LinkedIn dengan gaya yang lebih ringan dan komunikatif dibandingkan versi akademik di platform eLOK. Strategi ini menjadi langkah awal untuk membangun portofolio daring yang kuat dan relevan dengan dunia kerja.
Mahasiswa juga diminta untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada LinkedIn agar meningkatkan profesionalitas akun, seperti menggunakan email pribadi untuk pendaftaran menulis headline dan summary yang menarik, mengisi dengan pengalaman, pendidikan, dan keterampilan dengan kata kunci yang relevan, dan manfaatkan fitur seperti grup profesional, artikel, dan pencarian kerja.
Mahasiswa juga dibekali tips dalam memilih foto profil profesional, termasuk saran outfit formal dan warna hijab/lipstik yang sesuai tone kulit. Data LinkedIn menunjukkan bahwa profil dengan foto mendapat 21 kali lebih banyak tayangan dan 9 kali lebih banyak permintaan koneksi. Sebagai dukungan, DEB SV UGM akan menyediakan sesi foto profesional lengkap dengan jas dan properti penunjang.
Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa DEB SV UGM dapat membangun citra profesional yang kuat, siap bersaing di dunia kerja, dan memiliki kehadiran digital yang strategis serta relevan dengan kebutuhan industri.