Keluarga Wirausaha Mahasiswa
Departemen ekonomika dan bisnis
Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
Keluarga Wirausaha Mahasiswa (KWM) adalah salah satu sebuah lembaga kemahasiswaan yang berada di bawah naungan Keluarga Mahasiswa Departemen Ekonomika dan Bisnis (KMDEB). Berdiri sejak tahun 2010, KWM hadir untuk berkontribusi memberikan wadah dibidang bisnis dan entrepreneurship atau kewirausahaan bagi mahasiswa Departemen Ekonomika dan Bisnis khususnya, dan mahasiswa Universitas Gadjah Mada pada umumnya. Selain memberikan ruang bagi mahasiswa untuk saling berdiskusi seputar bisnis dan kewirausahaan, KWM juga mendorong dan memberikan kesempatan anggota-anggotanya agar dapat melakukan praktik langsung yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dan kewirausahaan, seperti : praktik pengelolaan organisasi bisnis melalui unit usaha Economic Market (E-Mart), kompetisi bisnis seperti kompetisi business plan dan business case, kesempatan pitching kepada investor, kunjungan industri, loka karya, pelatihan-pelatihan kewirausahaan, dan lain-lain.
Visi KWM
Menjadi tempat belajar wirausaha di lingkup Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi, serta melahirkan pengusaha-pengusaha yang tangguh, kreatif, dan inovatif.
Misi KWM
- Mengedukasi anggota KWM dan mahasiswa Indonesia dalam bidang kewirausahaan.
- Memfasilitasi anggota KWM dan mahasiswa DEB SV UGM untuk mengembangkan kegiatan wirausahanya.
- Memperluas jaringan KWM dalam bidang kewirausahaan.
- Mewadahi mahasiswa DEB SV UGM untuk memperkenalkan, mengembangkan, dan memantau dalam berbagai kegiatan kewirausahaan.
Kegiatan KWM
1.
Kelas Kewirausahaan
Merupakan sebuah acara yang disusun dalam format kelas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan anggota KWM di bidang bisnis dan kewirausahaan, seperti : pengenalan aspek teknis, aspek legal, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan dalam organisasi bisnis; pelatihan perencanaan dan studi kelayakan bisnis, pengenalan dan pelatihan pembuatan business plan, dan lain-lain
2.
Wani Ora Wirausaha (WOW)
Merupakan event yang diinisiasi oleh KWM untuk memberikan tantangan kepada mahasiswa untuk membuat dan atau mengeksekusi sebuah rencana bisnis yang kreatif dan inovatif.
3.
Pengelolaan Unit Usaha E-Mart
KWM memiliki sebuah unit usaha bernama Economic Market (E-Mart) yang berada di Departemen Ekonomika dan Bisnis. Melalui unit usaha ini, diharapkan mahasiswa dapat berkolaborasi untuk berpraktik langsung mengelola sebuah organisasi bisnis secara professional. Di unit usaha E-Mart ini, mahasiswa maupun nonmahasiswa dapat bekerjasama dengan E-Mart melalui program konsinyasi atau titip jual yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
4.
Kunjungan Industri
Untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan anggota-anggota KWM, kami melakukan kunjungan pada berbagai sektor industri yang ada di sekitar UGM. Mahasiswa dapat melihat dan mengamati dengan langsung jalannya bisnis pada perusahaan tersebut, sekaligus mendapatkan secara langsung informasi yang relevan terkait bisnis dan kewirausahaan dari perusahaan-perusahaan yang dikunjungi.
5.
Kompetisi Bisnis dan Kewirausahaan
KWM dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk saling berkolaborasi dalam tim dalam rangka ikut serta pada kompetisi-kompetisi bisnis dan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah seperti : Program Wirausaha Mahasiswa (PMW), Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM), Akselerasi Start-Up Mahasiswa Indonesia (ASMI), Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Gerakan Mahasiswa Pengusaha (GMP), Wirausaha Muda Pemula (WMP), maupun yang diselenggarakan oleh nonpemerintah. Mahasiswa dapat saling berdiskusi dan berdialektika dalam wadah KWM melalui ajang kompetisi-kompetisi tersebut.
Struktur Organisasi
Ketua
Wakil Ketua
Sekretaris
Bendahara
Divisi Operational
Divisi Human Resource Development
Divisi Eksternal
Divisi Media
Media Sosial KWM