Alur Pengelolaan/Administrasi Surat Masuk
- Menerima surat yang masuk baik melalui petugas ekspedisi, jasa pengiriman, melalui mesin faximile yang disampaikan melalui sekretaris pimpinan maupun surat elektronik.
- Menandatangani bukti pengiriman surat (apabila surat disampaikan oleh petugas ekspedisi maupun jasa pengiriman);
- Membuka sampul surat dengan kriteria selain surat pribadi dan selain surat yang bersifat rahasia, untuk mengetahui garis besar isi surat ketika definisi surat bukan surat pribadi.
- Mencatat surat masuk dalam buku agenda surat masuk;
- *Catatan dalam buku agenda surat masuk minimal memuat informasi:
- Nomor Urut Surat Masuk dan tanggal diterima surat
- Nomor surat masuk dan tanggal surat;
- Asal surat;
- Hal surat;
- Tujuan surat (penerima surat);
- *Catatan dalam buku agenda surat masuk minimal memuat informasi:
- Membuat/menulis kartu kendali (lembar disposisi) surat masuk di buku besar.
- Menyampaikan surat yang telah dilengkapi kartu kendali, kepada pimpinan (melalui sekretaris pimpinan);
-
Informasi/isi surat di upayakan secepat mungkin untuk dapat diketahui/sampai kepada pimpinan, sehingga perlu :
-
Surat yang diterima sebelum jam 12.00, harus sudah di disposisikan kepada pimpinan jam 12.00, pada hari itu juga;
-
Surat yang diterima setelah jam 12.00, jam 15.45 harus sudah di disposisikan kepada pimpinan.
-
-
- Menerima kembali (dari sekretaris pimpinan), surat yang sudah mendapat disposisi dari pimpinan;
- Menulis isi tujuan disposisi dan tanggal turun disposisi ke dalam buku agenda surat masuk;
- Menindaklanjuti (melakukan tindakan) sesuai isi disposisi pimpinan;
- Untuk diproses
- Untuk perhatian
- Bicarakan
- Edarkan/umumkan
- Gandakan/fotokopi
- Direspon/tindaklanjuti
- Teliti/pelajari
- Lapor atasan langsung untuk tindak lanjut
- Buatkan konsep surat balasan
- Selesaikan sesuai pembicaraan
- Agendakan
- Tidak partisipasi
- Surat ucapan selamat
- Mewakili
- Mendistribusikan surat sesuai arah disposisi
- Penerima Disposisi memberikan paraf bukti penerimaan disposisi
- Mengarsip asli dokumen surat /rekaman beserta asli kartu kendali surat kedalam order;
- Surat masuk yang di arsipkan pengadministrasi surat masuk, adalah surat yang isi dispo-nya (proses tindak lanjutnya) dilaksanakan oleh Bagian Umum.
- Surat yang isi disposisi (proses tindak lanjut) di kerjakan oleh bagian selain Bagian Umum, diarsipkan oleh masing-masing bagian.
- Menyimpan arsip
- Arsip surat dalam tahun berjalan di simpan menggunakan ordner dan diberi title “Arsip Surat Masuk Tahun…….(tahun berjalan)”
- Arsip surat tahun lalu disimpan dalam dosir, dan diberi tetel “Arsip Surat Tahun…..”
- Selesai.