• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sekilas tentang DEB SV
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan Departemen
    • Struktur Pengelola
    • Staff Pengajar
    • Staff Tendik
    • Alur Layanan
  • Akademik
    • Program Studi
      • Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik
      • Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti
      • Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
      • Sarjana Terapan Perbankan
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Ujian Tengah Semester
    • Panduan Akademik DEB
    • SOP Layanan Akademik
    • Jadwal Kuliah 2023/2024 Semester I
    • Jadwal Ujian Tugas Akhir
    • Layanan Kontak Akademik
    • Ketentuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
    • Informasi Akreditasi
    • Surat Keterangan Penyetaraan
  • Riset
    • Publikasi
    • Laboratorium DEB SV UGM
      • Profil Singkat Laboratorium DEB
      • Laboratorium Ekonomi
      • Lab. Akuntansi dan Pengembangan Bisnis
      • Kerjasama Institusi
    • Mitra Kerjasama
  • Kemahasiswaan
    • Etika dan Perilaku Mahasiswa DEB SV UGM
    • Komunitas Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Informasi Lowongan Magang
    • Informasi Lowongan Pekerjaan
    • Layanan Kemahasiswaan
  • LAYANAN
    • Agenda Departemen
    • Dashboard Jadwal Perkuliahan
    • Peminjaman Ruang
    • Bantuan Petugas Perkuliahan
    • Barang Temuan
    • Sistem Notifikasi WhatsApp
    • LAYANAN AKADEMIK
    • LAYANAN PERPUSTAKAAN
    • Kuesioner Layanan
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Tracing Alumni
  • ADMISI
  • Beranda
  • Alur Layanan
  • Alur Layanan Umum
  • Alur Pengelolaan/Administrasi Surat Masuk

Alur Pengelolaan/Administrasi Surat Masuk

  • 22 July 2019, 09.57
  • Oleh:
  • 0

Alur Pengelolaan/Administrasi Surat Masuk

  1. Menerima surat yang masuk baik melalui petugas ekspedisi, jasa pengiriman, melalui mesin faximile yang disampaikan melalui sekretaris pimpinan maupun surat elektronik.
  2. Menandatangani bukti pengiriman surat (apabila surat disampaikan oleh petugas ekspedisi maupun jasa pengiriman);
  3. Membuka sampul surat dengan kriteria selain surat pribadi dan selain surat yang bersifat rahasia, untuk mengetahui garis besar isi surat ketika definisi surat bukan surat pribadi.
  4. Mencatat surat masuk dalam buku agenda surat masuk;
    • *Catatan dalam buku agenda surat masuk minimal memuat informasi:
      • Nomor Urut Surat Masuk dan tanggal diterima surat
      • Nomor surat masuk dan tanggal surat;
      • Asal surat;
      • Hal surat;
      • Tujuan surat (penerima surat);
  5. Membuat/menulis kartu kendali (lembar disposisi) surat masuk di buku besar.
  6. Menyampaikan surat yang telah dilengkapi kartu kendali, kepada pimpinan (melalui sekretaris pimpinan);
    • Informasi/isi surat di upayakan secepat mungkin untuk dapat diketahui/sampai kepada pimpinan, sehingga perlu :

      • Surat yang diterima sebelum jam 12.00, harus sudah di disposisikan kepada pimpinan jam 12.00, pada hari itu juga;

      • Surat yang diterima setelah jam 12.00, jam 15.45 harus sudah di disposisikan kepada pimpinan.

  7. Menerima kembali (dari sekretaris pimpinan), surat yang sudah mendapat disposisi dari pimpinan;
  8. Menulis isi tujuan disposisi dan tanggal turun disposisi ke dalam buku agenda surat masuk;
  9. Menindaklanjuti (melakukan tindakan) sesuai isi disposisi pimpinan;
    • Untuk diproses
    • Untuk perhatian
    • Bicarakan
    • Edarkan/umumkan
    • Gandakan/fotokopi
    • Direspon/tindaklanjuti
    • Teliti/pelajari
    • Lapor atasan langsung untuk tindak lanjut
    • Buatkan konsep surat balasan
    • Selesaikan sesuai pembicaraan
    • Agendakan
    • Tidak partisipasi
    • Surat ucapan selamat
    • Mewakili
  10. Mendistribusikan surat sesuai arah disposisi
  11. Penerima Disposisi memberikan paraf bukti penerimaan disposisi
  12. Mengarsip asli dokumen surat /rekaman beserta asli kartu kendali surat kedalam order;
    • Surat masuk yang di arsipkan pengadministrasi surat masuk, adalah surat yang isi dispo-nya (proses tindak lanjutnya) dilaksanakan oleh Bagian Umum.
    • Surat yang isi disposisi (proses tindak lanjut) di kerjakan oleh bagian selain Bagian Umum, diarsipkan oleh masing-masing bagian.
  13. Menyimpan arsip
    • Arsip surat dalam tahun berjalan di simpan menggunakan ordner dan diberi title “Arsip Surat Masuk Tahun…….(tahun berjalan)”
    • Arsip surat tahun lalu disimpan dalam dosir, dan diberi tetel “Arsip Surat Tahun…..”
  14. Selesai.

Recent Post

  • Update Pemberitahuan Perubahan Ruang Kelas
  • Informasi Wisuda Mei 2025
  • Edaran Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Efisiensi Listrik
  • Pendaftaran Blu Ambassador Vokasi UGM
  • Pendataan Akun Linkedin Mahasiswa SV UGM
Universitas Gadjah Mada

Departemen Ekonomika dan Bisnis

Sekolah Vokasi

Universitas Gadjah Mada

Gedung Suhardi Sigit, Jl. Prof. Dr. Mr. Drs. Notonegoro No.1 Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+(62) 274 513367 | +(62) 274 549289

deb.sv@ugm.ac.id

 

Program Studi

Akuntansi Sektor Publik Manajemen dan Penilaian Properti Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Perbankan

Tautan

Sekolah Vokasi UGM Simaster UGM eLOK UGM e-Lisa Simaster HRIS Tracer Study Career Center (VDC) Laboratorium DEB

Unduhan

Unduhan

Media Sosial

© Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY